Resep Mendoan

Resep cara membuat mendoan enak, empuk dan anget disini

Mendoan asli Banyumas memiliki berbagai macam jenis resep yang diklaim sebagai resep asli. Hasil racikan Otentik, rahasia yang diwariskan turun temurun. Satu punya keunggulan dibanding yang lain. Ada yang gurih, lainnya dikasih pewarna kuning alami supaya tampil menarik, sedang beberapa ada yang menonjolkan sisi bumbu lengkap tujuh rupanya.

Intinya cuma satu : Ingin memanjakan lidah anda. Untuk itu kami sediakan versi 3 saja dulu resep Mendoan Nyeklamin Khas Banyumas

Resep 1

250 gram Tepung Terigu
1 sendok makan Tepung Beras
 Daun Bawang
Bumbu Dihaluskan :
3 Siung Bawang Putih
2 Buah Kemiri
1 cm Kencur
1 cm Kunyit
1 sendok teh Ketumbar
Garam

Resep 2

150 gram tepung terigu
1 sendok teh garam
ketumbar
2 siung bawang merah
1 siung bawang putih
lada
pala bubuk
daun bawang

Resep 3

10 sendok teh Tepung terigu
2 lembar daun bawang
2 sendok teh merica
bumbu yangg dihaluskan:
2 siung bawang putih
3 butir bawang merah
1 cm kunyit
1 sdt garam

Dari 3 resep mendoan diatas terlihat adanya perbedaan yang cukup mencolok. Ada yang pakai tepung terigu saja. Namun ada yang ditambah tepung beras atau topioka. Ini untuk menambang tingkat kerenyahan.

Namun ingat, jangan sampai terlalu banyak tepung beras karena mendoan akan menjadi keras, kaku dan tak enak di lidah. Pada dasarnya daripada perbedaan ini adalah ingin menonjolkan ciri khas dari rasa mendoan itu sendiri.

Anda boleh berujicoba dengan resep ini. Coba dan coba. dirasakan hasilnya. Menurut selera masing-masing bisa ditentukan resep mana yang sesuai dengan cita rasa sesuai lidah.

Adapaun bahan tempe yang diperlukan adalah tempe khusus untuk mendoan. Ini biasanya dijual dalam bentuk satuan tipis. Anda tidak perlu lagi repot memotongya. Jadi sudah siap goreng tinggal masukkan ke adonan saja.

Kalau tidak ada ? silahkan potong-potong tempe sesuai bentuk dan keinginan sendiri. Tapi biasanya tempe mendoan itu dipotong persegi panjang.

Lalu bagaimana cara membuatnya ? gampang ikuti langkanya berikut ini :

  • Lakukan pencampuran bumbu halus dan air. aduk hingga rata. Kemudian celup-celupkan tempe dalam bumbu halus tersebut sampai meresap ke dalam tempe. Ini untuk memberikan nikmat pada tempe bagian dalam.
  • Angkat tempe, dan sisihkan. campur bumbu halus dengan tepung terigu & (tepung beras). Aduk rata tambahkan air hingga menjadi adonan yang kental beri irisan daun bawang aduk rata. Ingat adonan jangan sampai terlalu kental. Adonan hendaknya masih berbentuk cairan, sehingga kalau dituang masih bisa mengalir.
  • Panaskan minyak untuk menggoreng. Masukkan tempe kedalam adonan tepung lumuri hingga tempe terbalut adonan. Kemudian goreng hingga setengah matang.

Ingat prinsip utama mendoan adalah setengah matang. Jadi jangan sampai goreng terlalu lama. Karena jika terlalu lama nantinya akan jadi tempe goreng dan bukan Mendoan. Goreng pada minyak yang cukup banyak hingga mendoan tenggelam. Api yang panas dan lakukan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya

enjoy !!