Beli Mendoan

Dimana bisa beli mendoan yang asli, hangat dan penuh rasa menggoda ?

Untuk menikmati mendoan tentunya harus memegangya ditangan. Sebelum itu mendoan perlu proses pembuatan. Kalau tidak buat sendiri, berarti minta dibuatkan emak, kakak, pacar,engkong, tetangga ….

Lebih enak lagi ? beli di tukang mendoan. Dengan semakin merakyatnya cita rasa kuliner mendoan, sekarang mendapatkanya tidak menjadi pekerjaan menyusahkan.

Di kota-kota besar Indonesia bisa dengan mudah didapatkan. Bila ingin ke sarangnya tentu harus pergi mengunjungi kota di daerah Banyumas.

Regio Banyumas yang terdiri dari kabupaten Cilacap,Bajarnegara,Purbalingga dan Banyumas sendiri menyediakan mendoan ditiap sudut kampung hingga pojok kota.

Soal rasa ? tetap makyus, nyeklamin tiada dua. Tips : beli pada para pedagang kecil di pinggir jalan. Mereka masih buat mendoan dengan resep warisan luluhur tanpa campur tangan racikan resep modern.

Jadi masih antik dengan cita rasa orisinal nikmat tak terkopikan. Tidak bisa ditiru dan dibuat ulang. Bahkan di restoran besar sekalipun.

Karena kalau sudah masuk kota biasanya yang jual anak muda yang sudah terkontaminasi ide dan rasa dari berbagai daerah. Bahkan dari luar negeri.

Tidak percaya ? Coba lihat sekarang banyak merk bermunculan mengibarkan badan usaha di bidang kuliner khas banyumas ini.

Namanya bermacam-macam. Dengan slogan unik dan penyajian menarik. Rasa mendoanpun semakin ramai. Seperti rasa martabak. Ada rasa coklat, stroberi hingga keju mozarella.

Yang lebih asik lagi sistem penyajian yang ditawarkan semakin canggih. Seperti mendoan gulung berisi sosis. Atau “mendoan mendem” dengan konsep imajinasi arus bawah yang kental menggelora. Yaitu mendoan yang dilumuri bumbu kacang sampai dia tenggelam tak kelihatan.

Kembali ke tempat beli mendoan tadi. Dimana tempatnya? Jika anda datang dari arah jawa barat menuju Jogja, disepanjang jalur kota Purwokerto dan Sokaraja banyak ditemui tempat pengrajin Mendoan menjajakan dagangan. Pedagang mendoan ini biasanya berbaur dengan dagangan khas Banyumas lain seperti getuk sokaraja, keripik tempe dan lainya.

Namun kini di Jogja juga ada muncul konsep mendoan gerobak kaki lima yang menggoda dengan merk mentereng menjurus pasar anak muda.

Walaupun begitu tetap harus waspada menghadapi klaim sepihak orang mengatasnamakan mendoan tapi sebenarnya jualan yang lain. Mendoan Palsu yang diklaim sebagi asli sesungguhnya.

Ciri-ciri mendoan palsu itu wujud dan penampakan yang hanya tempe goreng. Yaitu kecil, kaku,berwarna kuning dan rasa yang sudah berubah.

Ingat konsep mendoan itu adalah setengah matang.